PREDIKSI KASUS-KASUS YANG TERJADI DAN HARAPAN PADA TAHUN 2013 DI BALI

Kasus- kasus kriminal 2013 tidak akan jauh berbeda dengan kasus – kasus kriminal Tahun 2012. Hal ini disebabkan karena Bali masih menjadi pulau yang menggiurkan bagi seluruh kalangan sehingga akan banyak kepentingan yang masuk ke Bali, bahkan Denpasar dan Badung dapat menjadi kota metropolitan seperti di Jakarta.


Kasus yang masih akan marak terjadi adalah pencurian dengan surat (curat) dan pencurian dengan kekerasan (curas) yang nantinya menyasar pada warga negara asing (WNA) dimana secara psikologis WNA dianggap sebagai orang yang banyak memiliki uang. Disamping itu, pencurian pratima akan terus terulang mengingat setiap tahun kasus pencurian pratima selalu saja terjadi.

Kasus yang diprediksi akan naik atau mencapai angka yang tinggi adalah kasus pembunuhan dan penganiayaan berat. denpasar dan badung adalah pusat dunia eksotik di bali, yang dapat dilihat dari banyaknya tempat-tempat hiburan malam, bahkan tidak sedikit pula cafe-cafe yang sudah merambah pedesaan. Hal ini tentunya memberikan pengaruh bagi dunia kriminal dimana akan bertambahnya kepentingan-kepentingan yang saling bergesekan, bertransaksi, dan mengalami benturan-benturan baik individu maupun kelompok, apalagi saat ini berjamurnya organisasi masyarakat (ormas) yang ada di bali, baik yang datang luar bali, atau ormas yang sifatnya dadakan dan ormas yang sudah permanen. Gesekan akan kepentingan tersebut menyebabkan tindak kriminal menjadi marak pada tahun 2013 dan bahkan jauh meningkat dibanding Tahun 2012.

Kasus-kasus yang tidak bisa hilang dan cenderung juga meningkat adalah kasus Narkoba. keberadaan kasus narkoba yang akan semakin menjadi-jadi pada tahun 2013 disebabkan karena selama ini, kasus-kasus narkoba yang sudah di diputus di pengadilan sering kali memperoleh putusan yang ringan. Selain itu, bali seperti pasar narkoba dengan tingginya permintaan dan penawaran narkoba, dan asal narkobanya pun berasal dari berbagai bandar luar negeri. Dengan keadaan bali yang laris manis dengan narkoba, walaupun sudah banyak yang ditangkap tidak akan menyurutkan para mafia narkoba untuk menjadikan bali sebagai arena perang candu.

HARAPAN

Mengingat penegakan hukum masih dirasakan mimpi oleh masyarakat. Perlu langkah-langkah progresif revolusioner yang dilakukan Sebagai upaya penegakan hukum yang maksimal. Ini menjadi penting karena Tentu saja masyarakat mempunyai harapan yang tinggi terhadap penegakan hukum tersebut.

Beberapa harapan masyarakat antara lain institusi penegak hukum harus berupaya sungguh-sungguh untuk memastikan agar aparat penegak hukum dilingkungannya mematuhi hukum yang ada.

Selain itu, pelanggaran-pelanggaran yang ada dapat diberikan sanksi yang berat, sesuai dengan faktor yang berkaitan dengan pelanggarannya, mengingat sebenarnya aparat penegak hukum adalah seharusnya menegakkan hukum tapi malah melanggar hukum.

Setiap penegak hukum harus patuh pada kode etik yang ada. segala peraturan yang ada akan jauh dari keadilan kalau tidak diikuti dengan etika. Begitu pula dengan aparat penegak hukum. Bisa saja sebuah aturan tertulis itu diakali, tp kalau masih beretika maka tentu saja pelanggaran akan urung dilakukan karena dalam etika memuat nilai-nilai moral di dalamnya.

Penegak hukum, substansi aturan yang ada dan budaya hulum masyarakat harus lebih ditingkatkan dan bersinergi agar keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum itu tercapai. Penting kiranya sebuah pendewasaan hukum bagi masyarakat oleh seluruh komponen bangsa baik leguslatif, yudikatif dan eksekutisf demi menciptakan hukum sebagai panglima yang sesungguhnya.

Oleh karena negara kita adalah negara hukum maka segalanya harus berdasarkan hukum, buruknya hukum mencerminkan kehidupan suatu negara. Jika hukum itu lebih baik, niscaya tujuan negara untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur akan tercapai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s